_________________________________________________________________________________________________________________________
SELAMAT DATANG di AMUNTAIPOST (Portal Blog Banua Amuntai)

Anda Pengunjung Ke

Minggu, 24 Juni 2012

Dari Santri Makan Teri Hingga Jadi Menteri

JOMBANG, Amuntaipost.com -- Pondok pesantren telah melahirkan banyak tokoh, salah satunya adalah Menteri Agama RI, Suryadharma Ali. Oleh karena itu, eksistensi pondok pesantren harus tetap dijaga. Dengan begitu, pesantren tidak hilang ditelan zaman.

"Saya juga lulusan pesantren. Meski saat menjadi santri suka makan teri, namun akhirnya bisa menjadi menteri. Pendek kata, pesantren bukan hanya mampu tukang membaca do'a. Namun, lebih dari itu," kata Suryadharma saat menghadiri Silaturahmi Nasional Alumni Ponpes Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, Sabtu (23/6/2012).

Pernyataan Menteri Agama itu langsung disambut aplaus ratusan hadirin yang memadati GOR pesantren setempat. Dia kemudian mengatakan bahwa tranformasi ilmu di pesantren juga tidak kalah dengan lembaga pendidikan umum. Sehingga tidak heran jika dari rahim pesantren mampu melahirkan tokoh intelektual.

"Jangan minder menjadi santri. Saya alumni pesantren bisa menjadi menteri. Begitu juga Bu Ida Fauziah. Beliau alumni Tambakberas yang menjadi anggota DPR RI selama tiga periode," ujar Suryadharma ketika memberikan sambutan.

Mendapat sentilan itu, Ida Fauziah yang duduk di kursi paling depan hanya tersenyum kecil sembari menganggukkan kepala. Menag lantas mengapresiasi sistem pendidikan di ponpes Tambakberas. Pasalnya, pesantren yang didirkan oleh KH Wahab Hasbullah tersebut tetap memegang teguh ajaran ahlussunah wal jamaah.

KH Hasib Wahab, salah satu pengasuh Ponpes Tambakberas mengatakan, alumni pondoknya sudah tersebar seluruh nusantara. Meski demikian mereka tetap menjalin komunikasi dalam wadah IKABU (Ikatan Alumni Bahrul Ulum).  Menurutnya, saat ini Bahrul Ulum mempunyai 150 kiai dan pengasuh serta 11 lembaga pendidikan formal.

"Diusianya ke-187 tahun ini Bahrul Ulum telah melahirkan alumni yang tersebar di seluruh nusantara. Mereka bergerak diberbagai sektor. Misalnya, Bupati Tuban KH Fathul Huda, Ketua Komisi VIII DPR RI Ida Fauziyah dan masih banyak lagi," ujar pria yang akrab disapa Gus Hasib ini.


Editor : Antony Rahman   ||   Sumber : Beritajatim

Berita Populer