_________________________________________________________________________________________________________________________
SELAMAT DATANG di AMUNTAIPOST (Portal Blog Banua Amuntai)

Anda Pengunjung Ke

Sabtu, 09 Juni 2012

EURO 2012 : Bantai Ceko, Rusia Bertengger di Puncak Klasemen

WROCLAW, Amuntaipost.com -- Rusia membuka lembaran Euro 2012 dengan hasil menjanjikan. Menghadapi Republik Ceko di Municipal Stadium, Wroclaw, Sabtu (9/6/2012) dini hari, tim 'Beruang Merah' unggul telak 4-1. Gelandang muda asal klub CSKA Moskow, Alan Dzagoev memborong dua gol untuk Rusia.

Awal babak pertama laga berlangsung dengan tempo cepat. Rusia yang mengandalkan kecepatan menjadi ancaman bagi lini belakang Republik Ceko. Sebuah kesempatan didapat Aleksandr Kerzhakov menit ke-51. Sayang tendangannya melenceng jauh dari gawang Petr Cech. Kedudukan tetap 0-2 untuk rusia.

Semenit berselang pada menit ke-52, Ceko berhasil memperkecil kedudukan menjadi 1-2 oleh Vaclav Pilar. Menerima umpan terobosan dari lini tengah, dengan kecepatannya Pilar berhasil memperdaya kiper Vyacheslav Malafeev, sebelum akhirnya menceploskan bola ke gawang Rusia. Skor berubah menjadi 2-1 untuk keunggulan Rusia.

Bagi Pilar, ini adalah gol keduanya bersama Ceko. Ia mencetak gol perdana saat Ceko bentrok lawan Montenegro di playoff kualifikasi Euro 2012. Pada babak kedua ini, pertahanan Ceko bermain lebih rapat. Berulang kali anak-anak Rusia kesulitan untuk menembusnya.

Sebagai alternatif, pasukan Dick Advocaat sering berspekulasi dari tendangan luar kotak, namun belum membuahkan gol. Hingga menit ke-60, kedua tim masih sama kuat. Pada menit ke-64, Kerzhakov membuang peluang emas yang ia dapat.

Menerima umpan terobosan Arshavin, Kerzhakov yang lepas dari perangkap offside tinggal berhadapan dengan Cech. Sayang penyelesaian akhirnya kurang tenang. Bola tendangannya justru melebar di sisi kanan gawang. Hingga menit ke-65, Ceko bermain lebih sabar dan menunggu untuk memulai serangan balik.

Untuk kedua kalinya Kerzhakov membuang kesempatan di menit ke-70. Dalam posisi bebas dan tinggal berhadapan dengan Cech, sepakannya justru melenceng jauh dari sasaran. Setelah gol Pilar, Ceko kembali mendapat peluang lewat Theodor Selassie. Sayang tendangan first time pemain berkulit legam ini tipis di sisi kiri tiang gawang Rusia.

Untuk memaksimalkan penyelesaian akhir Rusia, Pelatih Advocaat memasukkan Roman Pavlyuchenko menggantikan Kerzhakov di menit ke-72. Tiga menit setelahnya, Kapten Ceko, Tomas Rosicky melepaskan tendangan keras dari luar kotak. Namun kiper Malafeev cekatan menangkapnya.

Pergantian pemain yang dilakukan Advocaat berbuah ketiga Rusia di menit ke-79. Berawal umpan Pavlyuchenko, Alan Dzagoev yang berdiri bebas untuk kedua kalinya memperdaya Cech. Dua menit setelahnya, giliran Pavlyuchenko yang mencatatkan namanya di papan skor. Mantan striker Tottenham Hotspur berhasil menundukkan Cech lewat gol indahnya di menit ke-81. Rusia unggul 4-1.

Masuk menit ke-84, Advocaat menarik pencetak dua gol untuk Rusia, Dzagoev dan memasukkan Aleksandr Kokorin. Kokorin adalah striker 21 tahun asal klub Dynamo Moscow. Nampaknya Advocaat ingin memberikan jam terbang pada penyerang muda ini. Sekaligus memantapkan serangan mereka ke pertahanan Ceko.

Memasuki akhir pertandingan, Rusia bermain lebih santai dan coba mengedepankan penguasaan. Sementara Ceko terus berusaha mengejar. Tapi hingga wasit Howard Webb meniup pluit panjang, skor 4-1 untuk Rusia tak bergeming. Dengan hasil ini, Rusia duduk di puncak klasmeen Grup A mengungguli Yunani dan Polandia yang berbagi angka 1-1.


Sumber : beritajatim.com  |  editor : Antony Rahman

Berita Populer