_________________________________________________________________________________________________________________________
SELAMAT DATANG di AMUNTAIPOST (Portal Blog Banua Amuntai)

Anda Pengunjung Ke

Sabtu, 26 Mei 2012

"Linux is Freepay" Gratis !

NAMA Linux bagi kebanyakan orang masih terdengar asing. Namun akhir-akhir ini, di Kalsel, sistem operasi atau operating system (OS) di komputer saingan dari windows tersebut mulai disukai. Salah satu yang turut mendorong adalah Unlam Linux Club (ULC).

“Unlam Linux Club didirikan pada 2008. Program kerja rutinnya adalah mengenalkan linux kepada masyarakat,” ujar M Rubiyannor, Ketua ULC periode 2011 sampai sekarang, yang juga menjawab pertanyaan kawan-kawan seputar linux.

Yasir Al-Yasiiru
Tanya: Apa Perbedaan dan Persamaan Linux dengan Windows

Hamiid Al-muqtaqkabir
Tanya: Adakah kekurangan & kelebihan linux daripada sistem komputer yang lainnya?

Jawab: Sekalian untuk Yasir dan Hamiid. Saya jelaskan tentang lebih banyak perbedaanya saja ya. Windows merupakan operating systems (OS) yang berbayar. Linux itu OS yang gratis alias open source. Linux lebih mudah di-upgrade. Linux pun lebih kebal terhadap virus ataupun malware yang sering terjadi pada windows.

Diky Fourtyfour
Tanya: Apa kelebihan Linux daripada Unix ?

Jawab: Sebenarnya linux merupakan bagian dari unix. Unix merupakan cikal bakal linux sekarang. Istilah lainnya, nenek moyangnya linux. Jadi bisa dibilang linux adalah unix dan unix adalah linux.

Rizky Muhammad Heriyadi
Tanya: 1. Kenapa logo/maskot Linux bergambar penguin ?

2. Kenapa Linux di sebut juga Sistem Operasi bebas ?

3. Siapa yang menciptakan OS Linux ? & versi pertamanya versi berapa ?

Jawab: Langsung digabung jadi satu aja yah.., Penciptanya Linus Benedict Torvalds. Ia terinspirasi dari seekor pinguin, yaitu TUX (Torvald + UniX = TUX). Mungkin karena lucu, dijadikannyalah maskot. Linux OS yang bebas, memang dari awal diciptakan untuk bebas digunakan oleh siapapun, dapat dimodifikasi oleh siapapun. Untuk linux pertama adalah Linux Versi 0.01.

Khilmy Arromdhoni
Tanya: Apa perbedaan dan persamaan sistem operasi linux dengan sistem operasi MACBOOK ?

Jawab: Sama jawban dengan Yasir, jadi untuk MAC OS itu merupakan sitem operasi yang berbayar, jadi untuk mendapatkannya tidak gratis.

Xenos Zaid
Tanya: mau nanya, Android kan dari linux ya katanya?? Saya rasa aplikasi dari android belum ada yg profesional gtu, msih sederhana, gak sperti windows yg ada adobe aftereffect , photoshop cs5, .. yg jadi pertanyaan sy ada gak aplikasi bwt ngunci kyk deepfreeze gtu di linux atw sejenis nya??? sekiann terimakasih

Jawab: Android merupakan bagian yang sama dengan linux, karena mempunyai inti sistem yang sama, yaitu kernel. Dan juga, Android berbasis open source. Untuk aplikasi seperti yang disebutkan tersebut sebenarnya ada. Tetapi, dengan fungsi yang sama namun nama yang berbeda dan tampilan atau user interface yang berbeda. Jadi jangan takut untuk beralih ke open source. Di linux banyak terdapat aplikasi yang memiliki fungsi yang sama seperti halnya aplikasi di Windows ataupun OS yang berbayar.

Faisal Ridha
Pertanyaan: Bagaimana saya melakukan instalasi linux pada komputer/laptop yang sudah ada sistem windows 7 didalamnya?

Jawaban: Linux dapat di instal pada komputer/laptop yang telah ada OS lain di dalamnya, dengan cara dual boot. Jadi dalam satu laptop ada linux dan windows. Dalam hal ini, memudahkan untuk beradaptasi dengan linux sebelum berpindah dari OS
yang bayar ke linux.
 
 
sumber : banjarmasinpost.co.id      editor : Antony Rahman

Berita Populer