_________________________________________________________________________________________________________________________
SELAMAT DATANG di AMUNTAIPOST (Portal Blog Banua Amuntai)

Anda Pengunjung Ke

Selasa, 27 November 2012

Aljabar Relasional dan Kalkulus Relasional


ALJABAR RELASIONAL DAN KALKULUS RELASIONAL


                Bahasa query formal basis data relasional adalah bahasa untuk meminta informasi dari basis data. Bahasa query relasional misalkan SQL (Structured Query Language) berbeda dengan bahasa pemrograman konvensional. Pada SQL, properti-properti informasi yang hendak diambil lebih spesifik tetapi tidak mencantumkan rincian algoritma pengambilan. SQL bersifat deklaratif yaitu mendeklarasikan informasi yang merupakan jawaban yang dikehendaki bukan cara komputasi.
                Query kompleks yang diperlukan lebih banyak aplikasi nyata yang memerlukan pengetahuan mendalam mengenai bahasa semantiknya. SQL dikonversi menjadi bahasa relasional formal sehingga sekumpulan informasi dapat diterapkan untuk memperolaeh query yang paling efisien. Terdapat dua jenis bahasa query relasional formal yang utama, yaitu : Aljabar relasional dan Kalkulus relasional.

1.  Aljabar Relasional (Relational Algebra)
Merupakan kumpulan operasi terhadap relasi dimana setiap operasi menggunakan satu atau lebih relasi untuk menghasilkan satu relasi yang baru dan termasuk kategori prosedural dan juga menyediakan seperangkat operator untuk memanipulasi data.
Semua operasi tersebut menghasilkan relasi baru. Bahasa tersebut disebut aljabar relasional karena bahasa yang berdasar sejumlah operator pada relasi - relasi (tabel - tabel). Masing - masing operator beroperasi pada satu relasi atau lebih dengan menghasilkan relasi - relasi lain sebagai hasil. 














2.    Kalkulus Relasional
Pengguna mendiskripsikan informasi yang dikehendaki tanpa memberikan prosedur (deretan operasi) spesifik untuk memperoleh informasi. Pada model relasional, bahasa formal non prosedural adalah bahasa kalkulus predikat relasional yaitu diekspresikan dengan menspesifikasi predikat terhadap tuple atau domain yang harus dipenuhi. Kalkulus relasional dibagi menjadi dua yaitu : Kalkulus relasional tuple dan Kalkulus relasional domain.

a)      Kalkulus Relasional Tuple
Mendiskripsikan informasi tanpa harus memberikan prosedur atau cara spesifik untuk memperoleh informasi tersebut. Konsep dasar kalkulus relasional tuple adalah konsep variable tuple yang merepresentasikan tuple-tuple pada relasi dan digunakan untuk mengekstrak data dari relasi. komponen lain rumus kalkulus tuple adalah kualifikasi data dengan membatasi nilai-nilai dari atribut-atribut yang dispesifikasikan.

Ekspresi kalkulus relasional tupel :
                       { t | P(t) }

yaitu himpunan semua tuple t sehingga predikat P bernilai true untuk t, notasi t[A] untuk menunjukkan nilai tuple t pada atribut A. dan menggunakan tϵr untuk menunjukkan nilai tuple t direlasi r. predikat P adalah berupa rumus, variabel tuple dikatakan variable bebas kecuali dikuantifikasi Ǝ atau Ʉ.

b)      Kalkulus Relasional Domain
Kalkulus realsional domain menggunakan variabel-variabel pada nilai domain atribut, bukan nilai-nilai untuk sebuah tuple.

Ekspresi kalkulus relasional domain :
              { <X1,X2, ...., Xn> | P(X1,X2, ..., Xn) }

dimana X1,X2, ...., Xn menyatakan variabel-variabel domain.
P menyatakan rumus - rumus yang disusun dari atom-atom sebagaimana pada kalkulus relasional tuple.
relasional tuple.



Penulis 

 
 










Nama  : Antony Anwari Rahman
NIM    : 5302411236
Prodi   : PTIK 2011
Rombel : 1 (presensi) / 5 (kelas).

SELAMAT BELAJAR !!! BERBAGI ILMU ITU INDAH.....

Berita Populer