_________________________________________________________________________________________________________________________
SELAMAT DATANG di AMUNTAIPOST (Portal Blog Banua Amuntai)

Anda Pengunjung Ke

Selasa, 06 November 2012

Kurang Terawatnya situs Candi Agung

AMUNTAI, Amuntaipost.com -- Sebagai salah satu ikon wisata kebanggaan Kota Amuntai yang sering dikunjungi masyarakat dari berbagai daerah, keberadaan situs kepurbakalaan Candi Agung justru kurang mendapatkan perhatian dari Pemkab Hulu Sungai Utara (HSU).

Saat ini kondisi situs purbakala yang disebut merupakan peninggalan kerajaan Negara Dipa tersebut sudah sangat memprihatinkan. Banyak fasilitas pendukung yang ada terdapat di dalam lokasi situs tersebut rusak.

Di antaranya, lampu taman banyak tidak menyala, bahkan sebagian ada yang rusak. Kondisi tempat sampah yang disediakan di tempat tersebut juga banyak yang tidak difungsikan. Beberapa  juga ada yang terlepas dari tempatnya.

"Pagar penutup kawasan banyak yang rusak dan juga banyak anak–anak nongkrong pacaran di lokasi tersebut dengan masuk tanpa izin," ungkap anggota anggota Komisi II DPRD HSU Ahmad Syarmada.

Dikatakannya, Pemkab HSU sudah seharusnya lebih meningkatkan perhatian terhadap pengelolaan situ kepurbakalaan Candi Agung.

"Situs tersebut adalah kebanggaan warga Amuntai. Setiap hari selalu ramai dikunjungi pengunjung dari luar kota. Kalau kondisinya seperti itu, kita sebagai warga tentu merasa malu. Dinas dan instansi terkait harus bisa lebih memerhatikan lagi situs itu,Candi agung adalah kebanggan kita semua selaku masyarakat HSU,” katanya. 

Sumber : Banjarmasinpost    Editor : Antony Rahman

Berita Populer