_________________________________________________________________________________________________________________________
SELAMAT DATANG di AMUNTAIPOST (Portal Blog Banua Amuntai)

Anda Pengunjung Ke

Rabu, 27 November 2013

Hulu Sungai Utara Daerah Tertinggal, Kaya Prestasi


Oleh : Antony Rahman 


 

Amuntaipost.com -- Hulu Sungai Utara (HSU) dulunya merupakan daerah KAYA mendadak menjadi daerah TERTINGGAL setelah Tabalong dan Balangan daerah kaya SDA pertambangan dan perkebunan memilih memisahkan diri. Tapi hebat, orang-orang HSU tidak mengeluh dalam predikat daerah tertinggal. Di segala bidang prestasi orang HSU cukup membanggakan.

Di sektor pertanian, HSU mampu menyuplai ketersediaan beras, dan bibit padi kualitas unggul. Melimpahnya lahan rawa menjadi sumber ketersediaan pangan, dan juga dapat menjadi lahan perikanan tambak, sumur, dan perikanan musim hujan.

Di sektor perdagangan, HSU terkenal dengan harga barang yang relatif murah sehingga menjadi pusat perdagangan, dan pedagang HSU mampu berekspansi keluar daerah seperti Kaltim, Kalteng, Jakarta, Surabaya, Riau hingga ke Arab Saudi.

Di sektor kerajinan, HSU terkenal dengan produksi pakaian jadi seperti kerudung, peci, seragam sekolah, baju muslim, mukena, dll yang sudah mengekspor ke Arab Saudi. Kerajinan anyaman rotan, purun,paring juga menjadi primadona, Industri perabotan kayu sudah menurun tetapi industri pembuatan perabotan rumah tangga dari aluminium meningkat drastis.

Di sektor pendidikan, HSU sudah menerapkan pendidikan gratis jadi cukup menjamin kualitas pendidikan warganya. Siswa-siswi pada ajang kejuaraan banyak menorehkan prestasi baik di bidang sains dan keolahragaan. Pada bidang sains sudah banyak yg dikirim ke tingkat nasional, Bahkan pada bidang keolahragaan mampu mengirimkan atlit dayung untuk PON Riau 2012 dan meraih prestasi gemilang.

Di sektor Pariwisata, HSU menjadi salah satu kabupaten yang dipromosikan secara internasional melalui website www.indonesia-tourism.com . Objek wisata yang ada di HSU yaitu Candi Agung Amuntai, Kerbau Rawa di Bararawa-Paminggir, Danau warna Tabur, Waterboom, dan Plaza Amuntai.

Di sektor peternakan, HSU merupakan sentral produksi itik alabio, penghasil dan penyuplai telur itik terbesar se kalimantan selatan. Populasi itik alabio di HSU mencapai 1,4 juta ekor dari 4 juta ekor se Kalimantan Selatan. Dan masih banyak sektor lainnya.

BANGGA JADI URANG HULU SUNGAI UTARA !!!

Berita Populer