_________________________________________________________________________________________________________________________
SELAMAT DATANG di AMUNTAIPOST (Portal Blog Banua Amuntai)

Anda Pengunjung Ke

Jumat, 23 September 2011

Cerita Pribadi


Kejar Cita - Cita Walau Ke Tanah Jawa

            Judul itu menggambarkan keinginan saya untuk menjadi seorang pendidik yang professional, walaupun menuntut ilmu harus merantau dari Pulau Kalimantan ke Pulau Jawa tepatnya di Semarang, Jawa Tengah. Saya bercita - cita menjadi guru TIK di SMAN 1 Sungai Pandan, saya ingin mengembangkan pendidikan komputer di sekolah tempat saya menuntut ilmu dulu. Saya prihatin dengan kondisi mata pelajaran TIK yang mana pengajarnya bukan lulusan dari kependidikan komputer (PTIK) melainkan lulusan dari perikanan, kimia dan fisika. Proses belajar mengajar juga terkesan seadanya sebatas kemampuan pengajar tersebut.
            Baiklah, saya perkenalan diri terlebih dahulu, pepatah mengatakan "Tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta", saya ingin disayang dan dicinta oleh dosen selama menuntut ilmu di Universitas Negeri Semarang ini. Agar ilmu yang saya dapatkan nantinya akan bermanfaat dikehidupan yang akan datang. Amin.. Nama saya Antony Anwari Rahman lahir di Rantau Karau Hilir tepatnya tanggal 28 Desember 1992, saya anak pertama dari 3 bersaudara. Saya tinggal bersama orang tua di desa Rantau Karau Hilir, Kecamatan Sungai Pandan (Alabio), Kabupaten Hulu Sungai Utara (Amuntai) Provinsi Kalimantan Selatan. Saya asli keturunan Suku Banjar sedikitpun tidak ada berdarah Jawa, bahasa sehari - hari menggunakan bahasa Banjar. Selama 18 tahun saya tidak pernah berpindah - pindah tempat tinggal. Sekarang saya tinggal di Kos Perintis 03 di Cempakasari Timur Sekaran, Gunungpati. Merantau sendirian tanpa ada saudara ataupun keluarga di Pulau Jawa ini. Tapi, itu saya jalani dengan penuh kesabaran dan keikhlasan untuk menuntut ilmu demi tercapainya cita - cita menjadi seorang guru untuk mencerdaskan anak bangsa.
            Mengapa masuk PTIK ? Bagi saya, pertanyaan ini sangat banyak jawabannya. Pertama, Saya ditakdirkan Allah SWT menjadi mahasiswa prodi PTIK setelah melalui serangkaian jalan panjang untuk bisa masuk pada prodi PTIK tersebut. Kedua, pilihan kuliah yang saya utamakan adalah prodi PTIK jadi saya bukan mahasiswa nyasar masuk PTIK. Sebenarnya ada beberapa Universitas yang menyediakan prodi ini, pertama saya temukan di Internet, Universitas Bung Hatta Padang yang baru membuka prodi ini pada tahun 2011, kemudian Universitas Negeri Semarang (Unnes) dan Universitas Negeri Yogyakarta. Setelah, melakukan beberapa pertimbangan dan membicarakan dengan orang tua pilihan saya jatuh pada Unnes. Untuk bisa diterima di Unnes juga tidak mudah, saya harus mengikuti Ujian SNMPTN dan SPMU yang keduanya harus saya laksanakan di Unnes, dua kali harus bolak - balik Kalimantan - Semarang. Dari ujian itulah saya baru mengenal Unnes, sebelumnya sedikitpun saya tidak kenal dengan Unnes mendengar Unnes pun tak pernah.
            Selanjutnya, saya memilih PTIK karena cita -cita ingin menjadi seorang guru TIK yang sesuai dengan gelar lulusan Sarjana Pendidikan Komputer. Jadi ilmu yang saya dapatkan selama kuliah bisa saya terapkan langsung kepada anak didik supaya anak didik tidak salah guna dalam menggunakan komputer, internet dan alat komunikasi lainnya. Sekarang, anak - anak terkesan bebas menggunakan internet seringkali mereka salah gunakan seperti melihat situs - situs porno dan situs - situs lainnya yang mengganggu bahkan merusak pola pikir anak - anak. Untuk itulah saya ingin menjadi guru TIK agar bisa meredam bahkan mampu menghilangkan kebiasaan penyalahgunaan teknologi yang dilakukan anak - anak tersebut. Memberikan bekal penggunaan Teknologi Internet untuk hal - hal positif dan mengoptimalkan proses belajar mengajar sesuai dengan kurikulum yang berlaku, demi tercapainya tujuan mencerdaskan anak bangsa untuk membangun negeri tercinta ini menjadi lebih baik dan sejahtera.
            Bagi saya, Prodi PTIK ini kuliah yang cocok dengan saya. Karena, sejak kecil saya sudah mengenal komputer PC sejak itulah saya sangat menyukai komputer. Saat sekolah MTs Nilai pelajaran komputer selalu diatas 85, di SMA nilai saya selalu bagus 87 - 98 dan saya juga menjadi peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang Komputer pada tahun 2008 - 2009 prestasi hanya mewakili sekolah untuk tingkat kabupaten. Pada tahun 2009 - 2010 prestasi saya di OSN meningkat, meraih juara 2 tingkat kabupaten dan juara 3 tingkat provinsi Kalimantan Selatan. Bermodal itulah saya yakin memilih prodi PTIK untuk kehidupan masa depan. Kelak Insyaallah bisa sukses dibidang ini.
            Semoga setelah lulus kuliah nanti, saya langsung diterima menjadi PNS pada penerimaan pegawai negeri sipil di Kabupaten Hulu Sungai Utara sebagai Guru TIK di SMA/SMK/MA.
Amin Yaa Rabbal`alamin....
Semoga Allah selalu memberikan kemudahan untuk saya dalam menjalani perkuliahan ini...
Saya bisa lulus dengan nilai yang sangat memuaskan, nilai yang tinggi meraih IP 3,5 - 4,0...
lulus dalam waktu tempuh 8 semester. Amin......

Nama  : Antony Anwari Rahman
NIM    : 5302411236

Berita Populer